Kamis, 25 Desember 2014

TULISAN 6 ETIKA BISNIS

Infused Water


Apa itu Infused Water ?
Infused water atau dikenal pula dengan spa water adalah trend dan gaya baru untuk hidup sehat. Manfaat infused water sendiri sama saja seperti ketika kita makan buah dan minum air seperti biasa hanya saja ketika kita minum dari infused water, mungkin kita akan menemukan aroma-aroma segar buah tidak seperti minum air biasa yang tidak ada campuran apapun. Infused water adalah air putih yang dicampur dengan buah-buahan segar lalu didiamkan selama beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah, dapat juga didiamkan dalam lemari es selama 4 – 12 jam, lalu dikonsumsi.  

Keuntungan mengonsumsi infused water
Ada banyak keuntungan yang didapatkan bagi orang yang mengonsumsi infused water. Selain bisa minum air putih, kita juga bisa memakan ataupun merasakan aroma terapi dari buah yang dicampurkan. gaya hidup sehat yang satu ini mulai menyebar keseluruh daerah perkotaan yang orang-orangnya tinggal diantara polusi perkotaan yang sangat tinggi. Infused water berguna sebagai detoksifikasi, seperti yang telah kita ketahui bahwa detoks dapat membantu tubuh dalam menghilakan dan membunuh racun dalam tubuh dan menghambat radikal bebas dari paparan polusi.
Selain itu, rasa yang menyegarkan sehingga tidak membosankan untuk menikmati manfaat infused water dimana saja dan kapan saja. Manfaat infused water dari sisi kandungan gizi tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih seperti biasa. Yang terpenting ketika mengonsumsi jenis minuman ini tidak diberi campuran lain yang mudah larut di air seperti gula atau sirop. Menurut ahlinya manfaat infused water akan dirasakan berdasarkan kombinasi aneka buah yang dimasukkan kedalam air.
Adapun keunggulan yang lain dari infused water, antara lain sebagai berikut:  
·         Bahan mudah diperoleh
·         Sederhana dan mudah pembuatannya
·         Mengandung zat gizi dan mineral dari buah dan herbal
·         Membantu anak-anak dan remaja lebih banyak mengonsumsi lebih banyak air
·         Menciptakan berbagai macam rasa atau aroma sesuai yang diinginkan

Manfaat Infused Water bagi Tubuh
Berikut ini ada beberapa manfaat penting dari infused water bagi tubuh, yaitu:
1.    Meningkatkan daya tahan tubuh
2.    Membuat tubuh lebih bugar dan segar
3.    Menjaga kesehatan saluran pencernaan
4.    Mencegah dehidrasi.
5.    Membantu proses detoksifikasi
6.    Membantu mengendalikan berat badan

Jenis Buah untuk Infused Water dan Manfaat yang dihasilkan
Jika air dicampur dengan potongan lidah buaya dan buah nanas juga akan memberikan efek positif bagi tubuh karena manfaat kedua buah ini juga memiliki nutrisi yang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Buah-buahan lain yang biasa dikombinasikan menjadi infused water adalah buah stroberi dan kiwi. Manfaat dari kedua jenis buah ini adalah untuk menjaga kesehatan kardovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan melancarkan sistem pencernaan.
Bahan selanjutnya yang dicampurkan kedalam air adalah teh hijau, daun mint, dan jeruk nipis. Manfaat dari kandungan air ini adalah untuk membakar lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi masalah pencernaan yang mengakibatkan sembelit, dan menjaga kesehatan pernapasan. Buah selanjutnya adalah timun, jeruk nipis, dan lemon. Campuran tersebut bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Buah lainnya yang bisa dijadikan sebagai campuran infused water adalah lemon dan jeruk nipis manfaat dari campuran air ini adalah sebagai sumber vitamin C yang bisa menjaga kekebalan tubuh dan menjaga system pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang virus dari luar. Masih banyak lagi mungkin buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai campuran infused water karena semua jenis buah-buahan memiliki khasiatnya sendiri dalam menjaga kesehatan tubuh.
Yang terpenting adalah menjaga kebersihan dari air dan buah yang digunakan agar manfaat infused water bisa dirasakan secara maksimal. Manfaat infused water memang baik untuk tubuh karena semua bahan yang digunakan akan diserap oleh tubuh untuk diambil nutrisinya. Tapi akan lebih baik lagi jika konsumsi minuman ini dibarengi makanan empat sehat lima sempurna lainnya agar nutrisi yang diterima tubuh juga menjadi sempurna. Menjalankan gaya hidup sehat juga akan membantu infused water bekerja secara maksimal sebagai nutrisi alami bagi tubuh. Semakin banyak nutrisi yang diterima semakin baik bagi kehidupan. Manfaat infused water akan menjadi salah satu minuman menyehatkan dan menyegarkan bagi kita semua.

Prosedur Dasar Pembuatan Infused Water
Membuat infused water bukan pekerjaan yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain harus mengetahui jenis buah yang dapat digunakan serta manfaatnya bagi kesehatan, perlu juga diketahui cara membuat serta cara memanfaatkan infused water agar diperoleh hasil yang maksimal. Secara sederhana langkah pembuatan infused water dijelaskan sebagai berikut:
1.      Cuci tangan dengan sabun antiseptik, bilas hingga bersih.
2.      Cuci bersih buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah yang akan digunakan dengan air mengalir.  Khusus untuk jeruk nipis, gosok seluruh permukaan kulitnya dengan garam untuk menghilangkan rasa pahit.  Keringkan dengan lap bersih.
3.      Potong-potong buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah.
4.      Masukkan potongan buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah tadi ke dalam wadah bersih yang ada tutupnya.  Tuangkan air putih/air minum dengan perbandingan 100 ml untuk lima hingga sepuluh potong buah-buahan.  Kemudian tutup rapat.
5.      Masukkan kedalam lemari es, diamkan sekitar 4 s.d 12 jam, agar sari pati buah keluar dan larut dalam air. Setelah itu dapat dikeluarkan dari lemari   es.
6.      Siapkan gelas dengan saringan, tuangkan infused water.
7.      Infused water siap dinikmati, dapat pula ditambahkan madu untuk memberikan rasa manis.
Sekian tulisan saya semoga bermanfaat untuk para pembaca
Selamat  Mencoba  J

Daftar Pustaka
·         Lely Noormindhawati & Farida W Ningtyas, 2014.  Kedahsyatan Infused Water.  Penerbit Padi, Jakarta Timur.
·         Noni Soraya, 2014. Infused Water.  Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar