Jumat, 21 Maret 2014

TULISAN BEBAS (BAHASA INDONESIA 2)



PEMILU 2014



Tanggal 9 April nanti masyarakat Indonesia yang sudah memiliki KTP akan melakukan hajatan besar lima tahun sekali yakni pemilu legislatif (pemilihan umum legislatif) untuk memilih secara langsung wakil rakyat anggota DPR, DPD dan DPRD. Dan pada puncaknya nanti tanggal 9 Juli kita akan memilih secara langsung presiden dan wakil presiden RI. Tidak hanya warga yang tinggal di Indonesia saja, tetapi pemilu berlaku untuk semua WNI yang berada di luar negeri. 

Pemilu 2014 ini merupakan kali pertama saya ikut berpartisipasi menyumbangkan suara untuk pemilu. Saya pun antusias dengan hal ini, karena saya bisa secara langsung memilih anggota dewan, presiden dan wakilnya. Saya sebagai seorang mahasiswi tentu mengharapkan perubahan bagi negara Indonesia tercinta ini. 

Untuk peserta pemilu tahun ini, ada 15 partai besar yang sudah diverifikasi, untuk mengenalinya kita bisa cari tahu lewat internet. Disana lengkap dengan nama partai, nama caleg (calon legislatif), visi dan misi partai. Agar saat pemilu kita tidak kebingungan siapa yang akan kita pilih mulai dari sekarang sempatkan waktu untuk mencari tahu peserta pemilu lewat internet. Biasanya 5 bulan menjelang pemilu sudah banyak atribut-atribut partai atau baliho seperti bendera,spanduk ataupun brosur yang terpampang di jalan raya, pohon, tembok, dan tempat umum lainnya. Apalagi kampanye yang baru-baru ini dilakukan oleh semua partai diharapkan ketertiban pihak partai dalam menjalankan aturan dari pemerintah, saat waktu berkampanye selesai, pihak partai segera bertanggungjawab untuk mencopot atribut-atribut partai di tempat umum supaya bisa bersih kembali.
Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum), khususnya untuk pemula dan lansia supaya lebih jelas tentang aturannya. Kalau bisa KPU juga harus aktif mengadakan sosialisasi pemilu  sampai ke daerah - daerah pelosok Indonesia. 

Dalam pemilu ini gunakanlah hati nurani anda, jangan ada paksaan, karena kita memiliki hak untuk mengeluarkan suara, dan pada saat memilih pun tidak ada yang mengetahuinya hanya anda, ALLAH SWT dan kotak suara sebagai saksi bisunya. Untuk itu gunakanlah suara anda sebaik mungkin jangan sampai anda salah pilih dan menyesal.

Mengingat satu suara sangat berperan penting maka kita sebagai warga negara Indonesia yang baik haruslah berpartisipasi dalam pemilu jangan ada golput, karena suara kita menjadi penentu siapa yang pantas untuk memimpin negara ini dan semua itu demi masa depan bangsa untuk menjadi lebih baik lagi daripada sekarang.

Dan siapapun yang terpilih untuk memimpin bangsa ini saya harap adalah sosok pemimpin yang tegas, adil, bijaksana, jujur, cerdas dan pro rakyat. Sehingga bisa membawa perubahan yang baik untuk bangsa serta mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar