Rabu, 30 April 2014

TULISAN 3 SOFTSKILL "BAHASA INDONESIA"






Limbah Plastik Disulap Menjadi Tas Cantik 


 
Sampah, merupakan masalah serius yang dihadapi seluruh masyarakat di dunia ,apalagi limbah plastik yang menjadi penyebab pencemaran tanah. Plastik menjadi salah satu bahan yang serius karena tersusun dari bahan anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai karena telah tertimbun di dalam tanah selama 100 tahun.
Banyak masyarakat yang menyadari akan bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan berusaha ikut mengurangi dampak sampah plastik tersebut dengan berbagai cara. Dan cara yang sering dilakukan yaitu recycle atau mendaur ulang limbah plastik menjadi barang yang memiliki fungsi lain dan bisa digunakan kembali.
Upaya pengelolaan daur ulang limbah plastik telah banyak dilakukan oleh pemerintah, seperti halnya menyediakan tempat sampah yang sudah digolongkan menjadi beberapa kategori sampah (sampah basah dan sampah kering). Namun, strategi ini dianggap belum bisa mengurangi masalah sampah yang ada di masyarakat. Karena banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan, mereka membuang sampah sembarangan, baik di jalan, di sungai, ataupun di tempat-tempat umum yang tentu saja bisa berdampak buruk terhadap lingkungan.
Banyak orang menganggap bahwa sampah plastik sangat mengganggu pemandangan, namun di tangan orang-orang kreatif, sampah plastik bisa menjadi peluang usaha, tambang uang dan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Banyak pengusaha muda yang mengembangkan  kreatifitasnya dengan mengolah sampah-sampah plastik menjadi barang yang berguna, misalnya usaha pembuatan tas dan dompet dari plastik detergen, lukisan dan kerajinan dari plastik lainnya
Sampah/limbah sudah menjadi masalah klasik bagi semua orang terutama masyarakat perkotaan. Semakin padat jumlah penduduk, makin meningkatnya kebutuhan, maka semakin banyak jumlah limbah plastik yang dihasilkan. Untuk mencegah terjadinya penumpukan limbah plastik dan mengurangi dampak buruknya terhadap lingkungan, ibu-ibu kreatif di Kelurahan Kalibaru Kecamatan Medan Satria, Bekasi ini memiliki cara tersendiri dalam pemanfaatan limbah plastik yaitu membuat tas dan dompet dari limbah plastik detergen,mie instan, minuman, dll.
Limbah plastik yang dikreasikan ini bisa menjadi suatu barang yang bermanfaat  dan dapat dijual sehingga bisa menghasilkan uang yang nantinya akan dijadikan modal untuk pengembangan usaha mereka. Tas dan dompet yang diproduksi dari limbah plastik tidak kalah cantiknya dengan tas yang dibuat dari bahan kain.
Berikut ini adalah cara membuat tas cantik dari limbah plastik :

Bahan :
  • 4 kemasan plastik dengan ukuran 450 ml dengan warna dan corak yang beragam sesuai keinginan. (2 buah dipakai untuk sisi depan dan belakang sedangkan yang 2 buah lagi dipakai untuk sisi kanan dan kiri).
  • 50 cm bisban untuk digunakan sebagai tali tas, ukuran lebarnya 3 cm.
  • 1 m bisban yang ukuran lebarnya 2 cm.
  • 4 cm perekat.
  • 30 cm renda dari katun sebagai pemanis tas.
  • Jarum dengan ukuran 16 dan benang jahit berwarna senada dengan plastik.
Cara Pembuatan :
1.    Bersihkan kemasan plastik atau sampah plastik dari segala kotoran. Caranya bisa dengan dilap atau direndam dengan air hangat. Tapi usahakan jangan terlalu panas karena  dapat merusak tekstur plastik.
2.   Gunting 2 buah kemasan plastik dengan ukuran sesuai apa yang diinginkan. Potong kedua kemasan tersebut dengan ukurang yang sama.
3.   Selanjutnya gunting dua kemasan yang lain (untuk dipakai pada bagian sisi dan kanan) menjadi dua bagian dengan lebar 7 cm. Jahit bisban yang telah disiapkan pada sisi lebar masing-masing kemasan yang telah dipotong.
4.   Pasang dan jahit perekat pada bagian dalam sisi depan dan sisi belakang dengan menggunakan mesin jahit.
5.   Pasang dan jahit bisban dengan lebar 3 cm pada bagian permukaan plastik sebagai tali tas (sisi depan dan belakang)
6.   Lalu jahit renda sekaligus untuk pemanis tas sekaligus bisban pada bagian sisi atas kemasan plastik bagian depan dan belakang.
7.   Sambungkan kedua kemasan yang telah dipotong dengan ukuran 7 cm (untuk sisi kanan dan kiri tas) sehingga dapat membentuk lembaran panjang.
8.   Kemudian hubungkan bagian (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang dengan mesin jahit.
9.   Langkah yang terakhir, pasang bisban pada seluruh tepi tas. Jadilah tas cantik dari bahan limbah plastik.

Membuat tas cantik sebagai kerajinan tangan dengan berbahan dasar limbah plastik merupakan inovasi baru saat ini , dan banyak keuntungan yang kita dapatkan yaitu kita memiliki tas cantik dan jika tas cantik itu dijual maka akan menghasilkan uang, selain itu kita juga telah turut berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan dari ancaman buruk sampah plastik sekaligus penekanan arus global warming. Selamat mencobanya di rumah.

Referensi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar