Minggu, 25 November 2012

TULISAN 3 SOFTSKIL (EKONOMI KOPERASI)



USAHA KECIL RUMAHAN APAKAH TERMASUK PENGGERAK PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA?

Di era globalisasi saat ini kebutuhan hidup semakin meningkat, sikap manusia yang konsumtif menjadi peluang bagi para pengusaha kecil untuk meningkatkan produksinya, sasaran pasar yang semakin luas pun menjadi motivasi dari banyaknya usaha kecil yang bermunculan saat ini. Dan yang saat ini sedang banyak bermunculan yaitu industri rumahan (home industry), seperti penjahit, pembuat sepatu, pembuat kue, pembuat barang kerajinan dari kayu, plastik , dll.
Saat ini banyak orang yang lebih memilih usaha rumahan daripada bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan, namun hal itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam berusaha. Biasanya pendapatan yang dihasilkan lebih banyak daripada hanya bekerja di perusahaan sebagai karyawan, dengan omset yang lumayan pengusaha rumahan ini bisa memperbaiki kehidupan keluarganya. Tapi tidak dapat dibandingkan dengan omset usaha besar.
Selain itu industri rumahan ini produk/barangnya tidak kalah berkualitas dan dengan harga yang terjangkau mampu menarik minat para konsumen untuk membeli produk mereka. Kini minat konsumen untuk memakai produk home industry semakin meningkat. Terlihat dari seringnya diadakan pameran barang-barang home industry di beberapa tempat. Itu berarti barang-barang rumahan memiliki tempat tersendiri di hati para konsumen.
Jadi menurut anda apakah industry rumahan dapat dikatakan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia? Menurut saya home industry memang dapat dikatakan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi rakyat namun masih dalam jangkauan yang sempit. Untuk itu perlu ada peningkatan baik dalam pengadaan modal maupun tenaga kerja supaya kedepannya home industry bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar